Musrenbang dan Musdesus Desa Ariyojeding tanggal 17 Januari 2023 dimulai pada pukul 09.15 WIB dengan di , dihadiri oleh 60 peserta yang berasal dari unsur kecamatan, pendamping desa, BPD, LPM, RT, RW dan tokoh masyarakat.

Bapak Sekdes, Sukron Makmun memberikan sambutan pertama sekaligus membacakan usulan-usulan dari tiap-tiap dusun. Dimulai dari Dusun Ariyoblitar, yang mengusulkan untuk penebusan jalan untuk kemudian dipaving, dengan mempertimbangkan area pertanian dan perkebunan untuk memudahkan akses transportasi. Dusun Dungmanten rencana akan membuat jalan baru untuk dipaving, yaitu jalan ke arah makam karena banyak ladang. Untuk wilayah Gludug juga akan dipaving jalan area persawahan. Jeding Lor akan dibangun paving baru untuk wilayah pertanian. Jeding Kidul mengusulkan talud.

Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Camat, Didi Jarot Widodo Nursamsu. Beliau memberikan semangat untuk menuju desa mandiri dengan menggunakan SDGs desa sebagai indikator yang berkelanjutan. Pemerintah mengupayakan penurunan stunting dan pemberantasan ODF dengan mengusulkan warga yang belum memiliki WC berseptic tank pada tahun 2024.

MUSYAWARAH DESA

Rencana pembangunan gedung pelayanan warga dua lantai akan dilaksanan tahun 2023 ini, namun tidak sampai finishing. Untuk bidang pertanian akan diusulkan traktor, pemberantasan hama dari Gapoktan Wahyu Agung, dan akan diadakan teknik pembuatan pakan ternak. 

Untuk bidang PKK, kader mengusulkan untuk pengadaan seragam batik, jilbab dan sepatu. Untuk posyandu, mengusulkan timbangan dacin untuk pos 4 karena sudah rusak, serta pengadaan meja.

Bapak Kasi PP Kecamatan, Untung Basuki menyampaikan bahwa ada tim fasilitisasi. Bahwa usulan-usulan tersebut akan dipilah dan dipilih berdasarkan skala prioritas dan melihat jumlah anggaran dari APBDes. 

Acaraberjalan lancar dan diakhiri pada pukul 11.00 WIB.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?