Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa. Sesaji berasal dari warga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Maka sesaji diberikan kepada danyang, karena danyang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa.

Tradisi Bersih Desa sebagai upacara adat memiliki makna spiritual di baliknya. Bersih Desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat. Selanjutnya, upacara bersih desa bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari. Bersih desa biasanya diadakan pada bulan Sela atau Syawal, yaitu bulan ke-11 Kalender Jawa.

Pada tahun 2024 ini Desa Ariyojeding melaksanakan acara Bersih Desa secara sederhana dengan memanjatkan doa bersama pada tanggal 14 Sela 1957 kalender Jawa atau dalam penanggalan Masehi bertepatan pada tanggal 23 Mei 2024. Acara Bersih Desa dihadiri oleh seluruh unsur aparatur desa mulai dari RT, RW, BPD, LPM, Karang Taruna, PKK, Perangkat Desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas.

Acara Bersih Desa  yang merupakan warisan adat istiadat sebagian bangsa Indonesia ini seyogyanya dipertahankan dan dilestarikan agar jangan musnah. Hal ini perlu diketahui oleh generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang perlu menjiwai nilai-nilai luhur bangsa yang berdasar Pancasila.dengan memanjatkan doa bersama.

   

Bersih Desa 2024 Desa Ariyojeding dapat dilihat di kanal Youtube Desa Ariyojeding https://www.youtube.com/watch?v=H56yvR7PfxY

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?